Rabu, 30 Maret 2016

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup system manajemen dalam perusahaan, cara lama kebanyakan.

Keuntungan yang diperoleh perusahan antara lain seperti di bawah ini:
a.  Perdagangan secara elektronik memungkinkan perusahan untuk menjual produknya kepada lebih banyak orang. Dengan kata lain perusahan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Misalnya, perusahan atau toko di Amerika dapat menjual produknya kepada orang di Jepang.
b.      Perusahan tidak perlu membuka banyak cabang-cabang distribusi.
c.  Mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahan, karena perusahan tidak perlu menyediakan toko yang besar dan pegawai yang banyak.
d.  Karena biaya yang dikeluarkan perusahan dapat dikurangi,maka harga barang dapat dijual dengan lebih rendah. Akibatnya lebih banyak konsumen yang dapat menjangkau harga barang tersebut. Barang menjadi lebih banyak laku.
e.   Barang yang dijual lebih murah dapat meningkatkan daya saing perusahan.

Sedangkan keuntungkan yang diperoleh konsumen antara lain sebagai berikut:
a.  Konsumen tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang, cukup ke Internet dan memesan barang, barang akan di antar ke rumah.
b.      Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya transportasi berbelanja.
c.  Mempunyai lebih banyak pilihan, karena dapat membandingkan semua produk yang ada di Internet.
d.   Dapat membeli barang yang terdapat di negara lain, yang man di dalam negeri mungkin saja tersedia.
e.   Harga barang yang di beli menjadi lebih rendah.

Menurut kamus IT teknologi informasi merupakan pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vocal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikro elektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi. Perkembangan teknologi yang sangat pesat seperti sekarang ini menuntut para ahli pengembang teknologi informasi bekerja dengan cepat dan kreatif. Mereka harus mampu menyediakan pelayanan berbagai macam aplikasi yang dibutuhkan user dalam berbagai bidang dan kebutuhan yang beragam. Untuk mencapai hal itu tidaklah mudah, karena dibutuhkan pengetahuan dan skill yang bagus dari setiap programmer nya.

Bidang teknik atau rekayasa : manfaat aplikasi pada bidang ini yaitu dapat menciptakan aplikasi yang bias digunakan untuk menggambar, merancang pola bagi arsitek dll. Contoh dari aplikasi ini yaitu : Auto Cad, Correl  Draw, Ms. Project.

BidangIndustri atau Manufaktur : pekerjaan mesin-mesin dengan system dengan system terkomputererisasi sekarang ini sudah banyak dipakai oleh perusahaan maufaktur. Pemanfaatan tersebut bisa memberi nilai tambah bagi perusahaan dalam hal ekonomi, efisien dan efektif.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar