Jumat, 28 Maret 2014

Deskripsi Bunga Kasturi di Provinsi Kalimantan

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgAh9IX_GGr8svzSJ2A7zNr6m4lYjUsJwY70AhG8fLCqZyiNEixd8CPFILkhhD-FmBB3hUOVXERKPCrFN1AyeFGxgy91MGSv7_m32NbP6hfszh_JEW34od8QvVmx-r0TbtrDnLSYViKD8/s640/1Bunga+Potong.jpg




Pokok Kasturi merupakan pokok yang malar hijau yang tumbuh di selatan, bunga ini tumbuh di kalimantan dan menjadi ciri khas kalimantan. Nama saintifiknya dalah Abelmoschus moschatus / Hibiscus abelmoschus.

Pokok Kasturi merupakan pokok haruman dan perubatan dalam keluarga Malvacae, yang merupakan tempatan di India. Biji benihnya mempunyai bau wangi, bunga, berat seperti musk. Sungguhpun ia berasal dari kawasan tropika ia tahan sejuk fros.

Minyak kasturi pernah digunakan sebagai pengganti musk haiwan; bagaimana ia dihentikan kerana dipercayai mampu menyebabkan sensitif cahaya pada haiwan. Ia mempunyai kegunaan masakan. Biji benihnya dicampur kepada kopi; kudup ("musk okra"), daun dan pucuk boleh dimakan sebagai ulam.

Hampir kesemua bahagian pokok Kasturi digunakan dalam perubatan tradisi dan perubatan sampingan, bukan semua terbukti secara saintifik. Ia diguna luaran bagi merawat kejang akibat penceranaan, kekejang otot, pengaliran darah, dan sakit sendi. Ia juga dianggap racun serangga dan perangsang. Dalam industri bunganya kadang kala digunakan sebagai wangian tembakau. 

Tapeinochilos ananassae K. Schum atau bunga kasturi, di pasaran dunia dikenal dengan nama Indonesian Wax Ginger merupakan salah satu spesies dari famili Costaceae. Dari famili ini Costus merupakan genus terbesar yang mempunyai lebih dari 100 spesies dan tersebar di daerah tropis seluruh dunia. Genus yang lain yaitu Dimerocostus hanya mempunyai dua spesies, genus Monocostus yang endemik di Peru dan genus Tapeinochilos yang mempunyai lebih kurang 20 spesies tersebar di New Guinea dan pulau-pulau disekitarnya. T.ananassae K. Schum merupakan spesies asli Indonesia yang berasal dari Sulawesi. Ada dua kultivar yang dijumpai saat ini yaitu kultivar yang mempunyai warna braktea merah darah dan kultivar yang mempunyai warna braktea merah oranye.

Tanaman ini termasuk herba perenial yang mempunyai rimpang tidak aromatik. Tinggi tanaman bisa mencapai 2-4 m. Rimpang biasanya berdaging. Daun tersusun spiral, dengan lamina tunggal, berbentuk lonjong dengan permukaan daun licin. Cabang udara sekunder muncul dari ketiak daun dan selanjutnya akan muncul pula cabang udara tersier dari cabang sekunder dan akan berakhir dengan cabang udara kwarter yang muncul dari cabang tersier. Daun terkonsentrasi pada batang bagian atas. Rangkaian bunga berbentuk seperti ‘cone’, terletak terminal pada tunas atau terpisah dari batang berasal dari rhizoma. Braktea mempunyai lapisan lilin dan kaku, berbentuk seperti nenas, berukuran besar dan berwarna merah darah atau merah oranye, bunga berwarna kuning terang muncul dari basal braktea, terdiri dari calyc dan corolla, satu stamen dengan filament yang lebar, antherdilengkapi dengan anther crest. Panjang bibir atau labelum sama atau lebih panjang dari corolla.

http://ms.wikipedia.org/wiki/Pokok_Kasturi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar