Senin, 30 September 2013

Sejarah komputer dari generasi pertama sampai generasi sekarang



Komputer generasi pertama tahun 1946-1959
Komputer pada generasi pertama menggunakan vacum tube (hampa udara) sebagai penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca dan banyak memiliki kelemahan.
Komponen lainnya terdiri dari :
Menggunakan bahasa assembler, prosses penyimpanan memorinya sangat kecil, prosses lambat, cepat panas, sumber daya listrik besar dan berorientasi aplikasi bisnis.

Komputer generasi kedua tahun 1959-1964
Komputer generasi kedua sirkuitnya menggunakan transistor. Bahan bakunya terdiri atas 3 lapis, yaitu : basic, collector, emmiter.
Komponen lainnya terdiri dari :
Menggunakan bahasa tingkat tinggi (fortran, cobol, algo), proses cepat, daya sumber listrik cukup kecil, aplikasi yang digunakan pebisnis dan teknik.

Komputer generasi ketiga tahun 1964-1970
Komputer generasi ketiga konsepnya semakin kecil dan semakin murah dari transistor, dan akhirnya memacu orang untuk terus melakukan berbagai penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil dan hanya memiliki ukuran beberapa milimeter yang berhasil diciptakan yaitu bernama IC-chip (integrated circuit).
Komponen lainnya terdiri dari :
Prosessnya lebih cepat, sumber daya listrik hemat, banyak bermunculan aplikasi yang digunakan.

Komputer generasi keempat tahun 1970-1990
Komputer generasi keempat sirkut yang digunakan komputer ini menggunakan ciri khas microprossesor yang merupakan pemadatan ribuan IC ke dalam sebuah chip. Karna bentuk semakin kecil dan kemampuan yang semakin meningkat dan harga yang ditawarkan juga semakin murah.

Komputer generasi kelima tahun 1990 sampai saat ini
Komputer generasi kelima sampai saat ini generasi yang ditandai dengan munculnya LSI  (large scale integration) yang merupaka pemadatan ribuan microprossesor. Dan komputer tersebut dapat berinteraksi dengan mudah kepada manusia. Komputer ini sudah masuk kedalam pentium dan suah mulai banyak dikembangkang oleh para peneliti. Komputer ini pun tidak banyak makan tempat/ruang dan aplikasi yang ditawarkan sudah banyak.



Referensi :
Buku semester satu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar